5 Cara Melatih Psychological Tangguh Anak Agar Menjadi Mandiri Dan Berani

Untuk menjadi pemain puncak dan mencapai keunggulan di bidang apapun, Anda membutuhkan keinginan, usaha dan disiplin. Anda harus siap bekerja keras dan bertahan dalam berjuang meraih sukses. Orang-orang yang kuat secara psychological bersedia untuk mencari kekuatan dan ketabahan dengan membangun diri setiap hari. Itu adalah salah satu contoh bagaimana kita bisa mengatasi mental block dalam mencapai tujuan.

Ketika mereka menemukan kendala yang terselesaikan, seringkali membuat si anak menyerah dan malas untuk kembali belajar. Bahkan tak sedikit pula yang merasa stress akibat tugas yang susah dikerjakan. Selama melakukan proses belajar, tidak menuntut kemungkinan siswa akan mendapati kesulitas tentang tugas atau materi yang sedang dikerjakan. Jika di sekolah siswa akan melakukan tukar fikiran kepada rekannya atau bertanya pad gurunya, maka selama dirumah siswa juga diharapkan tetap aktif berkomunikasi dengan guru dan rekan sekolah melalui alat komunikasi. Atau siswa jika dapat meminta bantuan kepada keluarga yang dirasa mampu untuk membantunya.

Hal itu akan membuat si kecil merasa tak adil dan akhirnya menjadi tidak niat dalam mengerjakan tugas belajarnya. Jika saat anak belajar, orang tua justru bermain gadget atau menonton televisi, anak akan menganggap belajar sebagai suatu kewajiban yang membuat ia dijauhkan dari kegiatan menyenangkan seperti yang dilakukan orang tuanya. “Peserta didik butuh dukungan dan dorongan serta penguatan dari orang tua, guru maupun madrasah.

Jadi, hindari menjadi orang tua galak ketika mendampingi anak sedang belajar. Peran penting dari orang tua sangat dibutuhkan untuk mengatasi anak yang malas belajar. Selain berkomunikasi dengan baik, orang tua juga harus memiliki kesabaran ekstra dalam menghadapi kondisi ini. Selalu ada penyebab di balik kebiasaan anak yang sering malas-malasan ketika diminta untuk belajar atau mengerjakan PR. Jika sudah ekstrim, ia mungkin akan berbohong ketika ditanyakan mengenai aktivitas di sekolahnya.Nah, mengenali penyebab anak malas belajar adalah langkah pertama yang harus dilakukan orang tua untuk mengatasinya. Bagaimana kata-kata motivasi belajar diatas sukses membangkitkan semangatmu?

Sistem pendidikan berprestasi tidak diukur dari jumlah anak yang mendapat medali olimpiade sains. Tidak terbayang sedikitpun di benaknya bahwa upayanya mengikutkan anak ke lomba menggambar justru membuat anak tidak percaya diri dengan kemampuannya. Bukannya menunjukkan keunikan dirinya, tapi justru menjiplak gambar anak lain. Sejak itu, ia tidak pernah lagi mengikutkan anak ke lomba menggambar maupun lomba yang lain. Namun, dengan meminta bantuan justru kita sedang membuktikan bahwa kita berani dan tidak pantang menyerah.Saya paham bagaimana rasanya ketika kita pertama kali meminta bantuan entah itu psikiater atau psikolog. Saya tahu pasti rasanya, berat, takut, cemas, khawatir dan bingung.

Belajar untuk lebih rajin dan membangun mentalitas

Keadaan yang kamu dapatkan saat ini adalah hasil dari kebiasaan dan keyakinan yang dimiliki di masa lalu. Pembelajaran pasif bukanlah bentuk latihan, sebab meskipun telah mendapatkan pengetahuan yang baru, kamu tidak menemukan cara untuk menerapkan pengetahuan tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran pasif menciptakan pengetahuan dan pembelajaran aktif akan menciptakan keterampilan yang lebih baik. Namun, cara terbaik untuk meningkatkan pelanggan dari sebelumnya adalah berlatih melakukan promosi secara berulang.

Kegagalan pendidikan di Indonesia menghasilkan manusia yang berkarakter diperkuat oleh pendapat I Ketut Sumarta dalam tulisannya yang berjudul “Pendidikan yang Memekarkan Rasa”. Dalam tulisannya, Ketut Sumarta mengungkapkan bahwa pendidikan nasional kita cenderung hanya menonjolkan pembentukan kecerdasan berpikir dan menepikan penempatan kecerdasan rasa, kecerdasan budi, bahkan kecerdasan batin. Dari sini lahirlah manusia-manusia yang berotak pintar, manusia yang berprestasi secara kuantitatif akademik, tetapi tidak berkecerdasan budi. Dengan berbagi pengalaman, siswa jadi terinspirasi dan dapat belajar dari pengalaman guru. Sehingga mereka tidak menjadi generasi yang minder, namun generasi yang tetap melakukan kebaikan meskipun itu dinilai kecil. Karena yang terpenting adalah karakter keberanian itulah yang perlu ditanamkan guru kepada siswa.

Jika kamu ingin punya mental yang kuat, berhentilah melakukan beberapa hal di bawah ini. Mari sedikit luangkan waktumu untuk mengobrol dengan orang tua. Misalnya saja, saat akhir pekan atau saat kamu pulang ke rumah, sesekali boleh lah temani Ayah menonton acara berita favoritnya atau sekadar menemani Ibu berbelanja ke pasar. Melakukan latihan merupakan salah satu cara yang memungkinkan seseorang untuk menerapkan pengetahuan yang telah mereka dapatkan dalam proses belajar. Dengan memiliki kebiasaan membaca buku, itu akan membantu mempertajam ingatan kamu. Belajar bersama bisa dilakukan lewat pendidikan non-formal atau kursus menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan sosial.

Kamu bisa belajar menjadi seseorang yang terbuka, karena dengan begitu kamu bisa lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri. Berbeda dengan orang-orang yang mempunyai hubungan kurang baik dengan orang sekitar. Namun, mempererat hubungan sosial bukan berarti harus berada dalam komitmen serius atau memiliki banyak teman. Akses puluhan ribu soal dan pembahasan gratis untuk belajar di sekolah dan di rumah. Tersedia dalam berbagai format, dari kuis online, tautan kuis, file, maupun cetakan-cetakan.

Yoxix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *