Lembaga Pelatihan Dan Sertifikasi Profesi » Geti Incubator

Strateginya melalui pemetaan dan memanfaatkan hasil-hasil kerja sama perdagangan internasional. Berkomitmen melaksanakan sertifikasi profesi/uji kompetensi secara profesional untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja di dalam negeri maupun di luar negeri. LSP Ekspor Impor Internasional memiliki misi untuk menyelenggarakan proses sertifikasi kompetensi yang independen yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam bidang ekspor dan impor.

Sertifikasi Ekspor

Ini karena kompartemen-kompartemen yang dibangun oleh Indonesia itu diakui oleh negara lain. [newline]Berdasarkan information Kementan, saat ini produksi ayam ras pedaging nasional mengalami surplus dibandingkan dengan kebutuhan nasional. Ini karena telur dan daging ayam harus berasal dari peternakan yang telah mendapatkan sertifikat. “Akan tetapi, sejak perintah itu disampaikan, nasib 20 perusahaan eksportir walet itu, belum jelas juga,” katanya. “Ini juga merupakan implementasi kerja sama antara KKP dan MSC yang menegaskan komitmen bersama untuk memperkuat kolaborasi tentang penangkapan ikan yang berkelanjutan,” katanya. Lantaran itulah, pihaknya melakukan tindakan karantina terhadap Komoditas gula rafinasi produksi perusahaan PT SUJ.

Dia menyebut diharapkan para pelaku UKM dapat meningkatkan pemahaman peranan sertifikasi halal sebagai nilai tambah dalam membuka peluang ekspor. Sertifikasi halal untuk ekspor juga dapat meningkatkan daya saing produk di pasar global. TABLOIDSINARTANI.COM,Jakarta— Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan terus melakukan penjaminan kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan, agar produk perikanan yang diekspor diterima negara lain. Berkat sertifikasi jaminan kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan, ekspor perikanan Indonesia telah diterima di 158 negara.

Tas yang diproduksi sejak tahun 2014 itu sebenarnya telah memiliki konsumen dari berbagai negara seperti Qatar, UEE, dan Australia yang didapat lewat penjualan retail di website dan media sosial, tapi kejadian itu membuatnya makin percaya diri. Hingga Maret 2013 silam, kendala di lapangan adalah jumlah lembaga sertifikasi yang hanya ada delapan. Proses audit lacak balak kayu setidaknya memerlukan minimal tiga bulan untuk setiap unit perusahaan. “Jumlah aksesor saat ini sangat terbatas,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia Raharjo Benyamin kepada Mongabay-Indonesia bulan Maret 2013 silam. Terutama langkah pencegahan yang dilakukan oleh negara-negara yang menjadi target perdagangan kayu dari negara-negara pengekspor kayu dunia. Liputan6.com, Jakarta – Perusahaan furnitur yakni Sun Alliance menyatakan jika sertifikasi kayu melalui Sertifikasi Verifikasi Legalitas Kayu memberikan keuntungan bagi pengusaha.

Dia mengakui, persyaratan sertifikasi kerap kali menjadi hambatan dalam perdagangan karena standar yang diterapkan oleh negara tujuan ekspor lebih ketat dari standar internasional. “Peningkatan persyaratan sertifikasi sebaiknya tidak menjadi hambatan bagi ekspor Indonesia. Sangat penting bagi eksportir dan pelaku usaha Indonesia termasuk Sulawesi Selatan untuk selalu memantau perkembangan, menjaga hasil mutu, dan bekerja sama dengan Pemerintah. Penting bagi pelaku ekspor, tidak saja di Provinsi Sulawesi Selatan namun juga di seluruh Indonesia, untuk mulai memberikan perhatian lebih kepada peningkatan penerapan sertifikasi guna menjamin kelancaran ekspor ke negara mitra dagang,” imbuh Natan. Pajak.com, Makassar – Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Natan Kambuno mengajak pelaku mengubah tantangan persyaratan sertifikasi yang ditetapkan oleh sejumlah negara tujuan ekspor menjadi peluang untuk meningkatkan ekspor nasional.

Jika, importir melanggar peraturan, Pemerintah Inggris akan memberikan sanksi denda,” imbuhnya. Sekarang, apakah sahabat UKM sudah mengetahui apa yang harus dipersiapkan untuk meningkatkan keamanan produk? Jika kapasitas produksi kita belum mampu untuk memenuhi goal pasar yang kita inginkan, sebaiknya jangan dipaksakan. Memang, kebanyakan regulasi di negara-negara maju terhadap standar wajib ini tinggi dan ketat.

Dan ini juga akan menjadi bekal bagi mereka untuk memenangkan pertarungan di kancah perdagangan internasional. Di tahun ini, Kadin institute sebagai tempat uji kompetensi juga akan melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi untuk wirausaha, umkm, koperasi dan Menejemen Sumber Daya Manusia . “Dilaksanakan selama dua hari. Hari ini ujiannya dan kemarin itu refreshment atau penyegaran. Ujian ada dua macam, ujian tulis dan ujian demonstrasi,” tambahnya. “Perluasan bisa menjadi dukungan bagi kami dalam memperluas cakupan dan bisa membantu pelaku usaha untuk ekspor,” katanya. “Di RSPO ada syarat pemenuhan upah minimal pekerja, tetapi ada perbedaan perhitungan pelaku usaha dan regulasi yang menjadi perdebatan tersendiri. Kami putuskan untuk tidak di RSPO, tetapi masih ada lembaga penilaian lainnya,” lanjutnya.

Menurut Natan, pemetaan yang perlu dilakukan yaitu pemetaan terhadap perubahan standar perdagangan agar produk Indonesia dapat menembus pasar ekspor. Vice President Strategic Business Unit, SUCOFINDO, Nurbeta Kurniawan mengatakan, SUCOFINDO siap mendukung proses peningkatkan sertifikasi untuk mendorong ekspor nasional. “Kami akan memastikan efektifitas pengelolaan risiko dan perlindungan merek produk serta membantu perusahaan dalam meningkatkan performa organisasi dan daya saing,” tutur Nurbeta. Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga melakukan berbagai kerja sama perdagangan internasional dengan negara-negara mitra dagang yang mencakup persetujuan bilateral, multilateral, dan regional untuk dapat membuka akses pasar yang lebih luas di berbagai jenis komoditas. Untuk itu, Kadin Institute bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Ekspor Impor Internasional menggelar uji kompetensi bagi pelaku ekspor impor. Uji kompetensi ekspor impor ini yang diikuti oleh 80 peserta tersebut digelar selama dua hari.

Lewat program ini diupayakan untuk menghambat permintaan dan penawaran dari pihak eksportir dan pembeli terhadap kayu yang berasal dari hutan alam di negara-negara tropis. Nilai kerugian akibat pembalakan liar di seluruh dunia diperkirakan oleh Uni Eropa mencapai 7 miliar Euro atau sekitar 1,1 triliun rupiah. Peningkatan daya saing usaha mikro dan kecil secara umum sebetulnya mencakup aspek kualitas desain, kemasan, merek, dan sertifikasi produk. Penghapusan kewajiban SVLK ini, khususnya untuk produk furnitur justru dikatakan membuat pengusaha kayu terancam rugi karena tidak bisa masuk pasar Eropa. “Permendag Nomor 89 Tahun 2015 tentang ekspor produk kehutanan itu bisa merugikan pengusaha,” ujar dia. Menurut Benny, hal ini menimbulkan pertanyaan di kalangan pelaku usaha dikarenakan keuntungan yang sangat besar bagi pendapatan devisa negara Indonesia apabila seluruh pelaku usaha eksportir yang sudah mendaftar dan diaudit GACC, diberikan legalitas resmi sebagai eksportir terdaftar Ke RRT.

Sinergi ini dapat berjalan baik karena didukung peran Pengelola Portal Indonesia National Single Window (PP-INSW) yang menyediakan layanan sistem elektronik terintegrasi. Health Certificate atas komoditas perikanan yang diekspor menunjukkan bahwa komoditas tersebut telah dijamin kesehatan dan keamanannya. Kemudian ikan layur, dengan volume ekspor sebesar 9 ribu ton, dibanding 5 ribu ton di periode Januari-12 Maret 2019, serta makarel sebesar 9 ribu ton dibanding 1 ribu di periode yang sama. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah akselerasi ekspor yang dilakukan Kementan.

Yoxix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *