Pelatihan Persiapan Ujian Sertifikasi Ahl;i Kepabeanan Universitas Indonesia

“Jadi, untuk melakukan ekspor menuju negara tujuan Vietnam, membutuhkan satu sertifikasi bernama Phytosanitari Certificate atau biasa disebut PC,” ujarnya. “Terkait kualitas SDM dan produk UMK yang belum mampu bersaing ini menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya kita mendorong produk halal UMK untuk ekspor. Orientasi untuk UMK naik kelas ini penting untuk menjadi gerakan kita bersama,” imbuh Mastuki. Pasarnya sudah terbuka, kita sambut bersama dengan peningkatan produktivitas dengan ekstensifikasi, intensifikasi dan diversifikasi.

Sehingga percepatan ekspor komoditas pertanian khususnya di Jawa Timur dapat ditingkatkan lagi. Ini juga bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi yang terguncang akibat pandemi COVID-19. Di sisi lain, Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian KUMKM Christina Agustin menjelaskan, sebenarnya ada tiga jenis pelatihan yang mereka gelar tersebut. Tujuannya untuk melaksanakan strategi kebijakan pemerintah dalam peningkatan kualitas SDM dan peningkatan nilai tambah produk dan jangkauan pemasaran. Sementara itu, Prawira, salah satu peserta pelatihan dari Sapu Lidi mengatakan, pelatihan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan memahami istilah eksportir dengan segala peraturan yang harus dipenuhi, sehingga menambah wawasan untuk dapat bergerak dalam pengembangan ekspor yang lain. Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian KUMKM Christina Agustin mengatakan sebenarnya ada tiga jenis pelatihan yang mereka gelar tersebut.

Bergerak selama hampir 30 tahun di bidang jasa pengujian, inspeksi, serta sertifikasi, MUTU International terus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas bagi berbagai komoditas Indonesia, sehingga memiliki daya saing ketika diekspor. Ini perlu inovasi, ini perlu gebrakan dan upaya tidak biasa untuk kembali meningkatkan kinerja ekspor kita. Dan saya yakin jika pelaku ekspor kita sudah tersertifikasi, mereka akan bisa mengatasinya sehingga ekspor kita akan cepat naik,” terangnya. Selain itu, di masa pandemi ini keberadaan eksportir yang tersertifikasi juga diyakini bisa lebih cerdik dan cerdas untuk menggaet pasar internasional. Hanya saja, karena banyak yang tidak paham dan kurangnya sosialisasi, jumlah pelaku ekspor impor bersertifikat di Jatim tidak banyak. Sertifikat Ekspor adalah surat keterangan ekspor maniok yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Tingkat Propinsi setempat berdasarkan SPEM untuk keperluan pembeli sesuai dengan ketentuan impor maniok yang berlaku di negara Uni Eropa.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo bahwa di tengah kondisi pandemi Covid-19, sektor pertanian harus mampu memberikan terobosan sebagaimana yang dilakukan pemerintah daerah Provinsi Sulut. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yaitu di tengah kondisi pandemi Covid-19, sektor pertanian harus mampu memberikan terobosan sebagaimana yang dilakukan pemerintah daerah Provinsi Sulut. Apabila barang ekspor terkena pajak ekspor maka pajak ekspor harus dilunasi sebelum dimasukkan ke sarana pengangkut. Pajak ekspor ini dihitung berdasarkan harga patokan ekspor dan harga patokan ekspor ini ditetapkan oleh Menteri Perdagangan dalam bentuk peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku untuk suatu periode tertentu dengan memerhatikan pertimbangan Menteri Teknis dan asosiasi terkait.

Dia menyampaikan, akselerasi pembangunan Kawasan Industri Halal di Indonesia dapat merealisasikan potensi pengembangan industri halal yang cukup besar. “Kemenperin terus berupaya membentuk KIH dan Halal Hub di daerah dalam rangka membentuk ekosistem industri halal yang kuat dan merata di seluruh Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita lewat keterangannya di Jakarta, Kamis 30 September 2021. “Dengan demikian produk yang dihasilkan memiliki jaminan mutu sehingga mampu bersaing di pasar international,” imbuh Menteri Trenggono.

Sertifikasi Ekspor

Menurutnya, selama ini ekspor kratom yang dilakukan hanya tercatat 10 persen dari Kalimantan Barat sehingga menyebabkan ketimpangan dan mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah . Sinergi tersebut, tambahnya, juga dapat berkontribusi dalam mengurangi dan menghapus kemiskinan ekstrem di daerah. Sebelumnya, Wapres melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkait percepatan pengentasan kemisikinan. Menperin menegaskan, pengembangan KIH memerlukan sinergi antara K/L serta instansi di daerah. Hal ini untuk mempercepat ketersediaan fasilitas serta infrastruktur yang lengkap dan terpadu, sehingga dapat meningkatkan ketertarikan investasi di KIH.

LSP Ekspor Impor Internasional didirikan berdasarkan Akta Pendirian Lembaga nomor 09 tertanggal 14 November 2019 dibuat di hadapan Notaris H. Achmad Salis, SH. “Sangat penting bagi eksportir dan pelaku usaha Indonesia termasuk Sulawesi Selatan untuk selalu memantau perkembangan, menjaga hasil mutu, dan bekerja sama dengan pemerintah. Penting bagi pelaku ekspor, tidak saja di Provinsi Sulawesi Selatan, namun juga di seluruh Indonesia, untuk mulai memberikan perhatian lebih kepada peningkatan penerapan sertifikasi guna menjamin kelancaran ekspor ke negara mitra dagang,” katanya. “Indonesia harus tetap optimistis menghadapi tata kehidupan baru yang mensyaratkan banyak sertifikasi dalam proses perdagangan terutama pasca pandemi. Indonesia perlu mengembangkan standar, laboratorium uji, dan lembaga sertifikasi produk sehingga produk kita dapat selalu memenuhi standar pasar internasional,” ungkapnya. Dalam hal pemetaan menurutnya, pemetaan yang perlu dilakukan adalah pemetaan terhadap perubahan standar perdagangan agar produk Indonesia dapat menembus pasar ekspor.

Yoxix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *